Definisi
Desain Grafis Menurut Para Ahli
a. Menurut Suyanto, “Aplikasi dari
keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
b. Jessica Helfand, “Kombinasi
kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi
yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan
elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus,
sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.
c. Danton Sihombing, “Mempekerjakan berbagai elemen
seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan
gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi”.
UNSUR-UNSUR DESAIN GRAFIS
1. Garis
(Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan
antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya. Garis dapat diartikan
sebagai goresan pensil, pena, atau mouse dalam komputer dan lain sebagainya.
Garis tidak mengenal istilah kedalaman (depth), dan hanya
memiliki ketebalan dan panjang, oleh sebab itu garis sering dimaknai sebagai
elemen satu dimensi. Bentuk garis memiliki banyak variasi, bentuk garis itu
sendiri biasanya dapat memaknai penggunaanya.
2. Bidang (Shape)
Bidang atau biasanya juga
disebut shape merupakan segala bentuk apapun yang memiliki
dimensi tinggi dan lebar bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris seperti
(lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan
bentuk-bentuk yang tidak beraturan. Bidang geometris memiliki kesan yang
formal, sedangkan bidang non geometris memiliki kesan yang lebih dinamis dan
tidak formal.
3. Tekstur (Texture)
Dalam desain grafis tekstur adalah
nilai halus dan kasarnya sebuah benda, atau juga bisa disebut nilai raba.
Penggunaanya dapat dimayakan untuk memberikan visual yang berkesan dan
berkarakter.
4. Ruang (Space)
Ruang atau space merupakan jarak
anatara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya, yang pada desain grafis
biasanya dapat dijadikan sebagai unsur pemberi efek estetika desain. Dalam
pengertian desain grafis area yang kosong yang berada diantara elemen-elemen visual
juga dianggap sebagai elemen desain. Bidang kosong dimaksudkan untuk menambah
kesan nyaman dan “istirahat” serta memberikan kesan tekanan kepada objek visual
yang ada dalam sebuah desain.
5. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam
desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek. Unsur ini
digunakan untuk memperlihatkan objek manakah yang kita mau tonjolkan
karena dengan menggunakan unsur ini seorang desainer grafis akan dapat
menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada objek desain
sehingga orang akan tahu skala prioritas objek yang akan dilihat terlebih
dahulu dibandingkan yang lainnya, misalnya saja untuk ukuran suatu judul akan
lebih besar dari skala objek yang lainnya.
6. Warna (Colour)
Warna adalah elemen dari unsur
desain grafis yang menjadi penarik perhatian paling utama. Penggunaan warna
yang tepat akan berbanding lurus dengan kualitas, citra, keterbacaan, dan
penyampaian pesan dalam desain tersebut.
SOFTWARE DESAIN GRAFIS
Adobe Indesign
Adobe Indesign adalah jenis
software desain grafis yang berada dalam perangkat lunak destop publishing atau
biasa dikenal dengan nama DTP.
Adobe Page Maker
Adobe Page Maker adalah perangkat lunak aplikasi pengolah data yang
digunakan untuk mendesain layout buku, cover majalah atau makalah.
Adobe Frame Maker
Software Desain Grafis jenis
Adobe Frame Maker adalah perangkat lunak yang menggunakan tampilan XML untuk
native penulis konten tekstur. Berpaduan dengan PDF yang memiliki konten
out-off-the-box integrasi CMS. Aplikasi ini memiliki sistem pempublikasian
dengan menggunakan saluran, format dan layanan HTML5 yang menggunakan penerbit
server 10 atau Adobe teknis komunikasi Site 4. Aplikasi ini biasa menyimpan
data dalam bentuk PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe Air.
Macromedia Freehand
Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi software desain grafis yang
digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis vector.
Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang secara khusus
dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan digunakan dalam suatu
kepentingan.
Photo Shine
Photo shine adalah jenis aplikasi foto software desain grafis yang
biasa digunakan untuk mengabungkan beberapa foto dalam satu frame.
Pengertian
Animasi Menurut Para Ahli
Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang pengertian
animasi, diantaranya adalah:
1.
Agus Suheri
Menurut Agus Suheri pengertian animasi adalah
kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat
menghasilkan gerakan.
2.
Ibiz Fernandez
Menurut Ibiz Fernandes pengertian animasi adalah
sebuah proses merekam dan memainkan kembali serankaian gambar statis untuk
mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
Jenis-Jenis
Animasi
a. Animasi Tradisional
Animasi Tradisional adalah tehnik
animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Tradisional animasi juga
sering disebut cel animation karena teknik pengerjaannya dilakukan
pada celluloid transparent. Mentransfer satu frame ke frame lain,
membersihkan cels plastik, cat tangan, dan kemudian film secara berurutan
atas gambar latar belakang. Proses ini membutuhkan tim seniman, seniman
clean-up (tim yang membuat gambar kasar jadi lebih rapi), pelukis, sutradara,
seniman latar belakang, dan kru film / kamera, bersama dengan seniman
storyboard dan penulis naskah untuk bekerja di luar konsep asli, untuk proyek
skala besar, jumlah waktu, tenaga , dan peralatan yang terlibat juga berjumlah
sangat banyak. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan
digambar satu persatu di atas cel.
Contoh Animasi Tradisional
Contoh Animasi Tradisional adalah film Pinocchio (Amerika Serikat, pada tahun1940), Animal Farm (United Kingdom, 1954), dan Akira (Jepun, 1988). Film-film animasi tradisional yang dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer termasuk didalamnya animasi The Lion King (US, 1994) Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) (Jepun, 2001), dan Les Triplettes de Belleville (2003). Film animasi sepenuhnya boleh dilakukan dalam berbagai gaya, dari kerja-kerja animasi yang lebih realistik seperti yang dihasilkan oleh studio Walt Disney (Beauty dan Beast, Aladdin, Lion King) kepada gaya yang lebih 'cartoony' orang-orang yang dihasilkan oleh Warner Bros animasi studio.
Contoh Animasi Tradisional
Contoh Animasi Tradisional adalah film Pinocchio (Amerika Serikat, pada tahun1940), Animal Farm (United Kingdom, 1954), dan Akira (Jepun, 1988). Film-film animasi tradisional yang dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer termasuk didalamnya animasi The Lion King (US, 1994) Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) (Jepun, 2001), dan Les Triplettes de Belleville (2003). Film animasi sepenuhnya boleh dilakukan dalam berbagai gaya, dari kerja-kerja animasi yang lebih realistik seperti yang dihasilkan oleh studio Walt Disney (Beauty dan Beast, Aladdin, Lion King) kepada gaya yang lebih 'cartoony' orang-orang yang dihasilkan oleh Warner Bros animasi studio.
b.
Stop Motion Animation
Animasi Stop motion adalah suatu teknik
animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat
bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual),
sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan
secara berkesinambungan.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick
Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya
adalah Celebrity Deathmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara
berbagai selebriti dunia.
Nightmare Before Christmas
Nightmare Before Christmas
c. Animasi Komputer
1.
Animasi 2 Dimensi (2D)
animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang
memakai lingkungan dua dimensi. Setiap gambar ini memiliki urutannya tersendiri
yang akhirnya membuat frame berlatar dua dimensi. Beberapa contoh film kartun
misalnya; Donal Bebek, Tom & Jerry, dan lain-lain.
2.
Animasi 3 Dimensi (3D)
Animasi 3 dimensi adalah suatu objek animasi
yang terdapat dalam ruang 3D. Objek animasi ini bisa berputar dan berpindah
seperti objek aslinya. Film-film
animasi yang kita lihat saat ini sudah menggunakan animasi 3D dan CGI (Computer
Generated Imagery). Misalnya; Finding Nemo, Toy Story, dan lain-lain.
d.
Animasi Kombinasi
Animasi kombinasi adalah gabungan dari teknik
animasi yang berbeda. Animasi kombinasi dibedakan menjadi 3 yaitu:
1. Kombinasi animasi 2D & 3D : penggabungan
teknik animasi 2D dan 3D. Contohnya seperti film The Road to Eldorado, Titan
A.E.
2. 2D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 2D
dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya seperti pada film Space Jam,
Osmosis Jones.
3. 3D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 3D
dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya seperti pada film Jurasic Park,
Titanic, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.
Prinsip-Prinsip Animasi
1.
Squash
& Stretch
Squash and Stretch adalah membuat objek hidup ataupun objek mati
terlihat seolah-olah nyata sehingga terlihat bergerak secara realistis dan
lebih hidup.
2.
Anticipation
Anticipation adalah gerakan yang
dilakukan sebagai ancang-ancang untuk mempersiapkan diri memasuki gerakan yang
berikutnya. Contohnya : ancang-ancang yang dilakukan sebelum seseorang meloncat
atau berlari.
3.
Staging
Staging adalah penataan gerak dengan membuat ekspresi pada karakter atau
objek dalam animasi sehingga penonton lebih mudah mengenalinya.
4.
Straight
ahead action & Pose to Pose
Ada 2 metode dalam melakukan gerakan
animasi : Straight ahead action dan pose to pose.
Straight ahead action merupakan pendekatan menciptakan gerakan secara
berkesinambungan mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan menjadi seperti
apa akhir gerakannya nanti. Gerakan – gerakan yang diciptakan bisa merupakan
ide yang spontan serta kreatif dan muncul seiring dengan proses pembuatan
gerakan yang dilakukan secara berkesinambungan.
Pendekatan kedua yaitu Pose
to Pose dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu pose – pose
seperti apa yang akan dimiliki oleh karakter yang akan dianimasikan pada suatu
adegan. Setelah menentukan pose-pose yang akan digunakan, baru dilakukan
penghubungan gerakan antar pose yang ada. Metode ini menawarkan perencanaan
& kejelasan dalam melakukan proses animasi, sedangkan pada straight ahead
action terdapat spontanitas & kemungkinan ide yang segar keluar dari proses
animasi tersebut.
5.
Follow
Through & Overlapping Action
Follow through & Overlapping
action Ketika scene berhenti bergerak, karakter tidak berhenti
secara tiba-tiba. Ini membuat sebuah animasi terlihat lebih realistis.
6.
Slow In
& Slow Out
Slow in dan slow out merupakan
gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir suatu animasi. Gerakan
perlambatan ini memberikan variasi pada suatu gerakan animasi ketimbang tidak
ada perlambatan sama sekali.
Animasi yang tidak mempunyai
perlambatan di awal dan akhir animasinya akan terkesan sangat kaku .
Seperti pada contoh diatas. Bola
yang pertama menggambarkan gerakan animasi yang tidak mempunyai perlambatan di
awal dan akhir. Bola pertama tersebut mempunyai gerakan yang lebih kaku
dibanding gerakan bola kedua yang mempunyai perlambatan di awal dan di akhir.
Membuat pergerakan tubuh karakter/ objek animasi terlihat lebih smooth.
Misalnya gerakan mahluk hidup atau gerakan benda-benda dalam animasi terlihat
lebih realistis
8.
Secondary
Action
Ini adalah membuat berbagai gerakan pendukung untuk melengkapi karakter
pada ekspresi ataupun aksi agar terlihat lebih nyata.
9.
Timing
Ini adalah penentuan waktu yang tepat kapan suatu gerakan diberikan pada
karakter/ objek dalam animasi yang dibuat.
10.
Exaggeration
Exaggeration merupakan gerakan atau ekspresi
yang dilebihkan dari yang biasanya untuk mendapatkan kesan animasi yang lebih
meyakinkan. Seperti pada contoh gambar dibawah ini, dimana karakter sebelah
kanan mempunyai gerakan memukul yang di lebihkan sehingga lebih terlihat
meyakinkan daripada karakter di sebelah kiri.
11.
Solid
Drawing
Pada animasi tradisional, Solid
drawing berarti gambar yang mempunyai kedalaman perspektif. Contoh pada gambar
di bawah ini, gambar sebelah kanan bisa dikatakan lebih mempunyai kedalaman
perspektif karena posisi mata serta mulut yang mengikuti bentuk bundar dari
kepala dibandingkan bila tidak mempunyai perspektif seperti pada gambar di
sebelah kanan.
Pada animasi 3D , solid drawing
berarti memberikan keseimbangan pada pose dengan tujuan untuk mencari pose
siluet yang terbaik ( terlihat lebih mempunyai berat dan volume ) seperti pada
pose karakter di sebelah kanan dan menghindari terjadinya twinning seperti yang
terdapat pada karakter sebelah kiri, dimana pose bagian kiri & kanan dari
karakter terlihat sama persis dan tidak mempunyai variasi balance nya.
12.
Appeal
Appeal merupakan penampakan dari
sebuah karakter yang terlihat mempunyai karisma tersendiri dan menarik untuk
dilihat. Untuk memperkuat appeal dari suatu karakter, ada 3 hal yang perlu
diperhatikan yaitu :
1.
Shape yang
bervariasi : Makin bervariasi bentuk dari
karakter tersebut maka makin menarik untuk dilihat. Setiap design karakter yang
baik mempunyai shape yang jelas.
Sebagai contoh : Pada contoh gambar
di bawah ini, karakter sebelah kiri mempunyai appeal yang tidak terlalu menarik
bila dibandingkan dengan karakter di sebelah kanan.
Hal ini disebabkan karakter di
sebelah kanan mempunyai shape keseluruhan yang lebih menarik & bervariasi
dibandingkan dengan karakter sebelah kiri.
2.
Bermain
dengan Proporsi : Kita bisa bermain dengan
proporsi suatu karakter untuk membuat appeal dari karakter tersebut menjadi
lebih menarik. Sebagai contoh : Karakter di bawah ini mempunyai proporsi kepala
yang diperbesar dari pada badannya untuk membuat appeal dari karater ini lebih
lucu dan menarik.
3.
Tetap
sederhana ( Simple ) : Design karakter yang terlalu
banyak informasi dan detail tidak akan mempunyai appeal yang kuat serta mudah
diingat bila dibandingkan dengan design karakter yang sederhana dan lebih mudah
diingat.
Contoh pada gambar di bawah ini,
design karakter sebelah kanan mempunyai design yang lebih mudah diingat
dibandingkan design karakter sebelah kiri.
MACAM-MACAM
SOFTWARE PEMBUAT ANIMASI
1. Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah
program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik
dan animasi. Sekarang namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal
sebagai Macromedia Flash.
2. AnimPixels
AnimPixels adalah
perangkat lunak film animasi khusus dalam Isometric Pixel
Art.. Menggunakan komponen film anda sendiri, atau download dari web,
untuk membuat film animasi asli.
3. Easy GIF Animator 5 pro
Easy GIF Animator 5 pro adalah
software kuat namun sangat mudah untuk membuat dan mengedit gambar GIF animasi.
4. Alligator Flash Designer
Alligator Flash Designer adalah
software animasi vektor berbasis snap. Menghasilkan grafik animasi kompleks
dengan gambar, bentuk dan teks, menggunakan lebih dari 130 built-in efek
animasi seperti Fade, Zoom, Putar, Fly dan banyak lagi.
5. Flash CS4
Flash CS4 untuk merancang konten interaktif untuk digital, animasi web, dan platform mobile.
Kesimpulan :
Dari pengertian di
atas desain grafis dan animasi mewujudkan suatu teknik untuk menciptakan sebuah
karya audio dan visual yang berdasarkan pada pengaturan waktu dan gambar.
Secara umum, desain
grafis dan animasi menggunakan alat yang tidak jauh berbeda, karena keduanya
sama-sama bertujuan membuat suatu hasil karya berupa seni yang dapat dinikmati
oleh kita semua. Penggunaan alat-alat tesebut dapat berupa alat manual maupun
digital. Alat-alat digital mempunyai kelebihan dalam mempermudah pekerjaan
namun sulit dalam penggunaan, perawatan, dll, sedangkan alat-alat manual lebih
mudah ditemukan namun membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penggunaannya.
DAFTAR PUSTAKA :
Komentar
Posting Komentar