PENJELASAN AUDIT IT PADA DOMAIN EDM, APO, BAI, DSS, MEA
Audit IT pada domain EDM (Evaluate, Direct, and
Monitor)
Proses tata kelola EDM berurusan dengan tujuan
stakeholder dalam melakukan penilaian, optimasi risiko dan sumber daya,
mencakup praktek dan kegiatan yang bertujuan untuk mengevaluasi pilihan
strategis, memberikan arahan kepada IT dan pemantauan hasilnya.
Audit IT pada domain APO (Align, Plan, and
Organise)
Proses manajemen APO memberikan arah untuk penyampaian
solusi (BAI) dan penyediaan layanan dan dukungan (DSS). Domain ini mencakup
strategi dan taktik, dan identifikasi cara terbaik agar IT dapat berkontribusi
pada pencapaian tujuan bisnis.
Audit IT pada domain BAI (Build, Acquire, and
Implement)
Proses manajemen BAI memberikan solusi dan
mengimplementasikannya sehingga berubah menjadi layanan. Untuk mewujudkan
strategi IT, solusi IT perlu diidentifikas ikan, dikembangkan, serta
diimplementasikan dan di integrasikan ke dalam proses bisnis. Perubahan dan
pemeliharaan sistem yang ada juga tercakup dalam domain ini, untuk memastikan
bahwa solusi dapat memenuhi tujuan bisnis.
Audit IT pada domain DSS (Deliver, Service, and
Support)
Proses manajemen DSS menyampaikan solusi yang dapat
digunakan bagi pengguna akhir. Domain ini berkaitan dengan penyampaian dan
dukungan layanan aktual yang dibutuhkan, yang meliputi pelayanan serta
pengelolaan keamanan dan keberlangsungan dukungan layanan bagi pengguna, dan
manajemen data dan fasilitas operasional.
Audit IT pada domain MEA (Monitor, Evaluate,
Assess)
Proses manajemen MEA memonitor semua proses untuk
memastikan bahwa pengarahan yang disediakan domain yang sebelumnya diikuti.
Semua proses IT perlu dinilai secara teratur dari waktu ke waktu untuk
mengontrol kualitas dan kepatuhannya. Domain ini merujuk pada manajemen
kinerja, pemantauan pengendalian internal, kepatuhan terhadap peraturan dan
tata kelola.
Muhammad Rizky E
4KA03
15116088
Sumber :
Audit IT pada domain EDM (Evaluate, Direct, and
Monitor)
Proses tata kelola EDM berurusan dengan tujuan
stakeholder dalam melakukan penilaian, optimasi risiko dan sumber daya,
mencakup praktek dan kegiatan yang bertujuan untuk mengevaluasi pilihan
strategis, memberikan arahan kepada IT dan pemantauan hasilnya.
Audit IT pada domain APO (Align, Plan, and
Organise)
Proses manajemen APO memberikan arah untuk penyampaian
solusi (BAI) dan penyediaan layanan dan dukungan (DSS). Domain ini mencakup
strategi dan taktik, dan identifikasi cara terbaik agar IT dapat berkontribusi
pada pencapaian tujuan bisnis.
Audit IT pada domain BAI (Build, Acquire, and
Implement)
Proses manajemen BAI memberikan solusi dan
mengimplementasikannya sehingga berubah menjadi layanan. Untuk mewujudkan
strategi IT, solusi IT perlu diidentifikas ikan, dikembangkan, serta
diimplementasikan dan di integrasikan ke dalam proses bisnis. Perubahan dan
pemeliharaan sistem yang ada juga tercakup dalam domain ini, untuk memastikan
bahwa solusi dapat memenuhi tujuan bisnis.
Audit IT pada domain DSS (Deliver, Service, and
Support)
Proses manajemen DSS menyampaikan solusi yang dapat
digunakan bagi pengguna akhir. Domain ini berkaitan dengan penyampaian dan
dukungan layanan aktual yang dibutuhkan, yang meliputi pelayanan serta
pengelolaan keamanan dan keberlangsungan dukungan layanan bagi pengguna, dan
manajemen data dan fasilitas operasional.
Audit IT pada domain MEA (Monitor, Evaluate,
Assess)
Proses manajemen MEA memonitor semua proses untuk
memastikan bahwa pengarahan yang disediakan domain yang sebelumnya diikuti.
Semua proses IT perlu dinilai secara teratur dari waktu ke waktu untuk
mengontrol kualitas dan kepatuhannya. Domain ini merujuk pada manajemen
kinerja, pemantauan pengendalian internal, kepatuhan terhadap peraturan dan
tata kelola.
Muhammad Rizky E
15116088
Sumber :
Komentar
Posting Komentar